Proyektor Mana yang Cocok Untuk Bisnismu?

Proyektor Mana yang Cocok Untuk Bisnismu?

Istilah “peduli lingkungan” bisa bermakna banyak hal baru apalagi jika yang dibicarakan adalah proyektor data. Membeli proyektor data tidaklah semudah itu, apalagi jika Anda tidak memiliki cukup wawasan mengenai proyektor. Saat berencana membeli proyektor data, perlu mengetahui dengan baik akan membeli unit konvensional yang memiliki sumber cahaya dari lampu dan unit yang memakai teknologi terbaru LED “tanpa lampu”.

Kedua jenis proyektor ini mendukung teknologi optic LCD dan DLP, jadi pertimbangan apa yang mendasari keputusan Anda membeli sebuah proyektor? Untuk mengambil keputusan terbaik dan cerdas, Anda mesti memahami lebih dahulu bagaimana cara kerja dari masing-masing teknologi sekaligus kelebihannya.

Cara Kerja Dari Proyektor Lampu Konvensional

Pada proyektor DLP, sumber cahaya berasal dari lampu busur yang diarahkan pada permukaan chip DLP yang mana ada cermin kecil (tiap satu cermin untuk tiap piksel) bergerak maju mundur serta mengarahkan cahaya menuju maupun menjauh dari jalur lensanya. Proyektor LCD memakai pendekatan yang berbeda yakni memakai lampu maupun LED yang mana mempunyai jutaan panel Kristal cair sehingga sangat memungkinkan cahaya untuk menembusnya.

Lampu konvensional akan memancarkan cahaya berwarna putih dan memisahkan panjang gelombang primer berwarna merah, biru dan hijau (RGB) memakai elemen optic khusus dikenal dengan nama filter dikromat. Besaran panjang gelombang RGB serta intensitas iluminasinya dikontrol terpisah untuk tiap piksel. Cahaya yang dikontrol itu lantas menembus panel LCD dan ini disebut sebagai teknologi transmisi atau bisa jadi dipantulkan oleh cerin kecil di DLP yang biasa disebut pula dengan teknologi reflektif.

Cara kerja dari LED adalah mengirimkan cahaya dari tiga panel LCD yang masing-masing memiliki ribuan bahkan jutaan kritasl cair yang bisa disetel ke posisi tutup, buka maupun setengah membuka jadi cahaya bisa dengan mudah menembusnya.

LED merupakan elemen RGB yang menciptakan panjang gelombang primer khususnya untuk mesin optic 3LCD maupun DLP. Beberapa proyektor jenis terbaru kini memakai LED yang berkuakutan super sebagai sumber utama iluminasi, jadi fungsi dari LED ini sudah barang tentu lebih baik daripada lampu konvensional.

Sumber Referensi : Smilesmultimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *